Rekrutmen CPNS/ASN 2024 Diutamakan Untuk IKN

Rekrutmen CPNS
Ilustrasi Tes CPNS (Foto:Int)

KABARINDONESIA.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengumumkan jumlah rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024 pada pekan ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan hal ini di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pekan lalu.

“Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama Januari, minggu pertama, Presiden akan mengumumkan,” ujar Azwar.

Azwar menyebut bahwa Jokowi menginstruksikan agar para fresh graduate diprioritaskan untuk direkrut sebagai CPNS. Mereka yang baru lulus kuliah akan diutamakan untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Meskipun demikian, Azwar menegaskan bahwa pemerintah tetap akan menyelesaikan proses rekrutmen bagi 16 juta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Proses ini akan dilakukan dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah.

“Kami akan menyelesaikan yang 16 juta PPPK. Ini nanti akan kami beresin. Tentu nanti skenarionya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” tambahnya.

Selain itu, Azwar menjelaskan bahwa pemerintah kini juga berfokus untuk merekrut talenta digital, terutama di daerah. Ditekankan bahwa talenta digital yang dibutuhkan bukanlah dalam bidang pemasaran digital seperti pinjaman online, melainkan lebih pada aspek inti, contohnya dalam sektor pertanian.