Mantan Menko Marves Rizal Ramli Tutup Usia

Rizal Ramli (Foto:Int)

KABARINDONESIA.ID – Kabar duka menyelimuti dunia ekonomi dan bisnis Indonesia. Rizal Ramli, seorang ekonom yang juga merupakan Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Koordinator Kemaritiman, meninggal dunia pada Selasa malam di Jakarta. Informasi ini disampaikan oleh kerabatnya, Adhi Massardi, seorang aktivis, saat dihubungi Antara di Jakarta.

“Benar kabarnya, dari teman, setengah jam yang lalu,” kata Adhi. Ia juga menyebut bahwa Rizal Ramli dirawat sekitar satu bulan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Rizal Ramli, dikenal sebagai seorang ekonom yang tajam dan pernah menduduki posisi strategis di pemerintahan, membuat kontribusi besar di sektor perekonomian dan kemaritiman. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam, terutama bagi rekan-rekan sejawat dan mereka yang pernah bersama-sama berjuang dalam berbagai aktivitas, seperti Komite Bangkit Indonesia.

Adhi Massardi, yang merupakan sahabat dekat Rizal Ramli, menyatakan bahwa keduanya pernah bersama-sama mendirikan Komite Bangkit Indonesia. Saat ini, Adhi bersiap-siap menuju rumah duka di kawasan Bangka, Jakarta Selatan.

Sebelum meninggal, Rizal Ramli terakhir kali muncul di depan publik saat menghadiri ulang tahun Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Panjaitan. “Dua bulan yang lalu, saat makan malam terakhir, beliau muncul di publik saat ulang tahun Pak Luhut,” ujar Adhi.

Pesan berduka pun beredar di kalangan wartawan pada Selasa malam. “Innalillahi wa inna illaihi rojiuun. Telah berpulang bapak/kakek mertua kami, Rizal Ramli, pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” demikian bunyi pesan tersebut.

Riwayat Singkat Rizal Ramli:

  • Pernah Menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Kemaritiman
  • Aktif Sebagai Ekonom dan Analis
  • Berkontribusi dalam Berbagai Kebijakan Ekonomi Nasional