Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Dapat Suntikan Dana Rp2,5 Triliun

Kabar Bisnis - Terbit 30 01 2019 - 07:57 Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi Dapat Suntikan Dana Rp2,5 Triliun
Pembangunan Jalan Tol (Foto: PUPR)

Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) sepanjang 172 km memperoleh kredit sindikasi dana talangan tanah Rp2,52 triliun dari berbagai bank nasional.

Dana tersebut dikhususkan untuk pembebasan lahan melalui anak usahanya PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB). Sindikasi kredit diberikan dari empat bank nasional yakni BNI, BRI, BCA, dan Bank Mandiri. 

"Masing-masing institusi perbankan tersebut mengucurkan Rp630 miliar," kata Direktur Utama PT JPB, D. Hari Pratama dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 30 Januari 2018.

Ia mengatakan, pihaknya memiliki tanggungjawab untuk menyiapkan dana talangan tanah dalam perjanjian pengusahaan jalan tol dan sebagai langkah awal pembebasan lahan.

"Dana talangan tanah ini akan dipakai untuk pembayaran ganti rugi tanah Seksi Probolinggo dan sebagian Situbondo," katanya.

Kredit sindikasi dana talangan tanah ini merupakan kredit tahap awal dari total Rp4,7 triliun yang direncanaka "Tol ini nantinya akan menjadi kesatuan dalam Tol Trans Jawa demi menciptakan konektivitas Indonesia yang lebih baik," katanya.

Jalan Tol Probowangi akan terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi I di Wilayah Probolinggo (31,2 kilometer), Seksi II di Wilayah Situbondo (109 kilometer), dan Seksi III di Wilayah Banyuwangi (31,8 kilometer).

Ruas Tol Probolinggo Banyuwangi akan menjadi titik akhir jaringan jalan tol Trans-Jawa dengan masa konsesi untuk pembangunan Tol Probowangi adalah 35 tahun dan total investasi diperkirakan mencapai Rp23,3 triliun.

Penulis :

Editor :