Ini Tahapan Serta Sosialisasi Pendaftaran Anggota Komnas Perempuan

Politik - Terbit 18 06 2019 - 06:26 Ini Tahapan Serta Sosialisasi Pendaftaran Anggota Komnas Perempuan
Ketua panitia seleksi/ist

Kabarindonesia.id--Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas Perempuan resmi membuka pendaftaran untuk posisi anggota komisi paripurna Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap (Komnas) Perempuan periode 2020-2024.

Panitia seleksi kali ini beranggotakan Usman Hamid yang menjabat sebagai ketua seleksi, bersama Mamik Sri Supatmi, Ahmad Junaidi, Miryam SV Nainggolan, dan Kamala Chandrakirana.

Ketua Panitia Seleksi Usman Hamid mengatakan ada sejumlah persyaratan dan kriteria calon yang wajib dipenuhi dalam mengikuti seleksi.

“Ada delapan persyaratan yang wajib dipenuhi serta memasikkan berkas ke panitia seleksi. Pendaftaran dibuka mulai 25 Mei dan ditutup 31 Juli 2019,” kata Usman Hamid, Jakarta, Selasa (18/6).

Calon komisioner baru akan disaring melalui proses pendaftaran yang dibuka hingga tanggal 31 Juli 2019 lewat email: panitiaseleksi2019@komnasperempuan.go.id. Hasil seleksi nanti diajukan ke Sidang Paripurna Komnas Perempuan. Pengumuman bagi yang terpilih rencananya akan disampaikan sekitar bulan November 2019.

Calon anggota Komnas Perempuan harus mempunyai pengetahuan, komitmen dan konsistensi terhadap kemajuan HAM termasuk penghapusan kekerasan dan diskriminasi berbasis jender, sesuai hukum nasional dan internasional. Kandidat juga diharapkan tidak memiliki rekam jejak sebagai pelaku kekerasan, poligami, korupsi dan perusakan lingkungan.

Kaum laki-laki pun juga diimbau untuk mengikuti seleksi. Pendaftaran ini tertutup bagi calon yang merupakan pengurus ataupun anggota partai politik. 
 

Penulis : Agi Aksara

Editor : Redaksi

Terbaru Lainnya
TOPIK TERHANGAT
Terpopuler