Januari, Kementerian ESDM Mulai Salurkan Rice Cooker Gratis

KabarIndonesia.id — Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (Kementerian ESDM), mengagendakan akan mulai menyalurkan alat memasak listrik (AML) (rice cooker) gratis pada Januari 2024.

Bantuan rice cooker ini akan disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengungkapkan, Kementerian ESDM menargetkan akan merampungkan penyaluran 500.000 unit rice cooker di bulan ini.

“Tahun ini 500 ribu supaya habis, tapi Januari paling tidak delivery-nya,” ungkapnya.

Diketahui, Kementerian ESDM menyiapkan total kuota bantuan rice cooker sebanyak 500.000 unit dan ditargetkan selesai pada pekan ketiga Januari 2024 ini.

Penyaluran bantuan rice cooker dilakukan melaluiĀ  3 mekanisme yakni penyaluran dengan penerima mengambil melalui kantor pos, kantor desa atau kelurahan, dan ada juga yang langsung diantar ke rumah penerima bantuan.

Adapun sasaran program bantuan ini adalah rumah tangga pelanggan PLN dengan daya listrik antara 450 VA hingga 1.300 VA, yang tinggal di daerah dengan pasokan listrik 24 jam dan belum memiliki AML.

Program rice cooker gratis ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan energi bersih di sektor rumah tangga dan mengurangi subsidi impor LPG 3 kg yang digunakan untuk memasak. Dimana program ini ditargentkan dapat menghemat LPG sekitar 29 juta kilo atau setara 9,7 juta tabung 3 Kg.

Untuk diketahui, pemberian rice cooker secara gratis diatur melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 11/2023 tentang Penyediaan Peralatan Memasak Berbasis Listrik untuk Rumah Tangga.

Hingga Januari 2024 penyaluran rice cooker gratis telah dilakukan di beberapa daerah diantaranya Provinsi Jawa Timur.