News  

Mampu Tampung 16.250 Penonton, Jokowi Hadiri Topping Off IMS GBK

KabarIndonesia.ID

KabarIndonesia.id — Dibangun sejak April 2021, pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno (GBK) memasuki tahap finishing topping off (penyelesaian akhir atap bangunan), Jumat, (13/01). Topping off IMS GBK dihadiri secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini topping off Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno saya nyatakan telah selesai,” ujar Presiden.

Diketahui, IMS GBK merupakan bangunan tertutup multifungsi yang dapat menampung hingga belasan ribu penonton. Karenanya, IMS dapat berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan ajang olahraga hingga festival dalam skala besar.

“Bisa menampung 16.250 penonton dan bisa berfungsi, baik untuk event-event olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli, dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan, serta konser-konser musik dengan kapasitas yang sangat besar,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengatakan, bangunan yang memiliki luas 50.300 meter persegi ini dibangun menggunakan anggaran negara sebesar Rp630 miliar.

Lebih lanjut Presiden menyatakan bahwa Jakarta akan terus dibangun serta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas setara kota-kota besar di dunia.

“Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota-kota lain, yang ada di dunia,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam laporannya mengatakan, IMS dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan mengusung teknologi hijau atau green building serta menggunakan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

“Di sini juga pertama kali Bapak Menteri PUPR membangun dengan sistem 7D, jadi benar-benar ini dibangun secara komputer, AI,” kata Erick.

Erick menambahkan, IMS akan menjadi tuan rumah gelaran pertandingan bola basket dunia FIBA World Cup 2023 yang diorganisir oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi).

“Ini akan digunakan Bapak Menpora pada Juni untuk kegiatan pertandingan bola basket kejuaraan dunia yang kita merupakan tuan rumah untuk pertama kalinya, dibantu oleh PB Perbasi,” ujar Erick.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Zainudin Amali, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi.