News  

Stanford University Bakal Bangun Riset Center di IKN

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono.

KabarIndonesia.id — Stanford University akan membangun pusat riset (Riset Center) di Ibu Kota Nusantara (IKN) beberapa waktu kedepan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono dalam keterangan persnya, Rabu, (13/04).

“Intinya adalah memang kita akan membangun pusat riset dulu karena untuk membangun univesitas itu butuh banyak hal yah, jadi kita mulai dengan riset center,” ungkapnya.

Ia menambahkan rencana Stanford University membangun Riset Center di IKN telah disampaikan sejak kunjungan Dekan pada September lalu.

“Jadi stanford itu sudah berproses cukup lama, dari September pada waktu Dekannya datang ke kita. Mereka ingin membangun, kemudian ditindaklanjuti pada waktu kunjungan Presiden ke kampus Stanford University,” terangnya.

Ia memberkan, pembangunan Riset Center tersebut akan bekerjasama dengan alumni Stanford University.

“Untuk riset ini kita bekerjasama dengan alumni Stanford. Jadi nanti yang akan membangun fisik gedungnya itu insyaAllah alumni Stanford, kemudian nanti risetnya akan dimulai segera setelah gedungnya itu selesai,” jelasnya.

Tak hanya Stanford University, Bambang menuturkan ada beberapa Universitas yang akan membangun di IKN.

“Tidak hanya stanford yang akan membangun. Ada beberapa universitas lain yang akan membangun juga,” tuturnya.

“Riset center, jadi kita akan fokus pada riset center walaupu ada beberapa universitas yang akan membangun universitas,” tandasnya.