News  

Tahun Baru Imlek, Masyarakat Tionghoa Makassar Gelar Open House

KabarIndonesia.ID

KabarIndonesia.id — Pasca pencabutan PPKM oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, Masyarakat Tionghoa kota Makassar tahun ini kembali mengadakan Open House, Bai Nian, Temu Hati Imlek 2023.

Kegiatan bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini akan diadakan tepat di Hari Imlek, minggu 22 Januari 2023, pukul 18.00 – 22.00 di Nusantara Hall, Hotel Rinra – Tanjung Bunga – Makassar 

Hadir sebagai tuan rumah, Para pimpinan organisasi Tionghoa seperti PSMTI, Permabudhi, Perhimpunan Inti, Matakin, PITI, Yayasan Budi Luhur, Iwati, Yayasan-yayasan sosial dan yayasan Marga, akan menyambut tamu-tamu yang datang bersilaturahmi. 

Ketua Permabudhi Sulsel, Yonggris mengungkapkan, karena open house, panitia tidak membuat surat undangan.

"Karena acara ini adalah open house, sehingga panitia tidak membuat surat undangan, hanya pemberitahuan secara informal ke pemerintah, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat umum untuk datang bersilaturahmi Imlek," ungkapnya. 

Ketua Perhimpunan Inti Sulsel, Peter Gozal mengatakan, pemilihan Nusantara Hall sebagai tempat pelaksanaan open house, karena lokasi yang cukup yang luas dan nyaman.

"Biasanya kami masing-masing menerima tamu di rumah, namun agar lebih nyaman dan efektif, maka kami bersama-sama menyewa Nusantara Hall, Hotel Rinra sebagai rumah bersama masyarakat Tionghoa untuk menerima tamu. Selain tempat lebih luas dan nyaman, juga bisa jumpa bersilaturahmi sekaligus dengan banyak tokoh Tionghoa tepat di hari Imlek" katanya.

Ketua Panitia yang juga Ketua PSMTI Kota Makassar, dr Ferdy Sutono berharap kegiatan ini dihadiri oleh para sahabat dan keluarga tanpa rasa sungkan.

"Kami berharap para sahabat, keluarga dan handai taulan, jangan sungkan untuk datang bertamu di acara Bainian Open House Imlek ini," harapnya. 

Wakil Sekretaris Umum PSMTI Pusat, Saiman Sutanto menuturkan, open house ini terbuka bagi semua kalangan baik pejabat, tokoh masyarakat hingga masyarakat umum.

"Acara ini seperti berkunjung, bersilaturahmi tahun baru ke rumah-rumah, sehingga tidak perlu diundang. Semua bisa hadir. Pintu terbuka untuk semua kalangan baik pejabat, tokoh masyarakat, pengusaha maupun masyarakat umum," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Umum PSMTI, Willianto Tanta berharap, kegiatan Bai Nian open house yang diadakan tepat di hari Imlek ini dapat dibudayakan dan menjadi agenda rutin setiap tahun. 

"Diharapkan kegiatan temu hati ini akan menjadi momen untuk mempererat jalinan persaudaraan lintas etnis dan agama, untuk bangkit dan maju bersama. Sesuai tema Imlek tahun ini, yaitu Bersyukur, Bangkit dan Maju Bersama," pungkasnya.