'Sedekah Gila' Renovasi Rumah Gratis ala Miliarder Aswin Yanuar

Aswin dikenal sebagai developer bangunan yang istimewa. Ia memiliki keahlian untuk mendesain rumah dengan arsitektur unik.

'Sedekah Gila' Renovasi Rumah Gratis ala Miliarder Aswin Yanuar
CEO Maswindo Bumi Mas, Aswin Yanuar yang viral berkat aksi 'sedekah gila'.

Bekasi - CEO Maswindo Bumi Mas, Aswin Yanuar melanjutkan program renovasi rumah gratis untuk warga kurang mampu. Setelah merenovasi enam rumah, rumah ketujuh yang mendapat renovasi tanpa biaya sepeser pun ini berlokasi di perumahan Nirwana, Bekasi Timur pada hari Kamis (16/10/2020) sore.

Sebanyak 11 rumah akan direnovasi oleh Aswin Yanuar dan tim di kawasan Jabodetabek pada 2020. Rumah yang direnovasi berbeda-beda, ada yang di pinggir kali, ada yang telah hampir roboh bahkan ada yang kondisi secara keseluruhannya telah rusak 80 persen.

Adapun seluruh biaya perbaikan rumah ini diambil dari dana pribadi kak Aswin - sapaan akrab followernya yang berjumlah ratusan ribu-. Setiap rumah menghabiskan dana yang tidak sedikit, berkisar dari 100 juta, 150 hingga 200 juta. 

Kali ini warga yang beruntung mendapat bantuan renovasi gratis itu, bernama Selly. Gadis berjilbab ini mengaku tak menyangka melihat kondisi rumahnya setelah direnovasi menjadi mewah dan nyaman.

Sebelumnya dinding rumah yang dulu bercat biru muda itu sudah retak-retak dan hampir roboh.

"Dinding rumah bisa roboh kapan saja, ada lubang di atap yang mengakibatkan hujan masuk ke dalam rumah," ujar Selly yang sehari-hari berjualan sosis.

Selly urung untuk merenovasi rumah peninggalan almarhum ayahnya itu karena tidak memiliki dana. Awalnya Selly berharap Aswin dan tim bisa merenovasi dinding dan lantainya saja.

"Tapi kini rumah yang hadir justeru mewah dan jauh dari ekspektasi kami," tutur Selly Sambil meneteskan air mata.

Renovasi rumah Selly menghabiskan dana sebesar 98 juta rupiah. Semua biaya renovasi rumah, termasuk milik Selly ini diambil dari kantong pribadi Aswin sendiri.

"Ini sebagai bentuk kita berbagi, semoga semakin banyak juga yang mau ikutan membantu sesama," ujar pemuda berusia 31 tahun itu.

Aswin tidak hanya membantu dengan sedekah renovasi, beberapa kali pemuda asli Sidoarjo itu juga viral sebab membagi-bagikan uang puluhan juta rupiah melalui program 'give away' di instagram pribadinya.

Selain itu ia dikenal sebagai desainer bangunan yang istimewa. Ia memiliki keahlian untuk mendesain rumah dengan arsitektur yang unik. 

Ia bahkan mampu, membangun sebuah rumah mewah tanpa denah dan desain. Konsep rumah darinya berbekal insting serta pengalaman yang ia miliki.

"Itu keahlian yang saya miliki, saya yang membuat konsep bangunannya sendiri tanpa denah dan desain. Makanya sampai saat ini saya masih turun mengecek pekerjaan di lapangan," tutur Aswin.

Keahlian Aswin ini tidak banyak dimiliki oleh orang lain, tak heran karya-karyanya kerap menuai pujian dari desainer hingga developer lain.

Kini dengan keberhasilan menjalankan perusahaan sendiri dengan aset ratusan miliar rupiah. Aswin layak menjadi teladan pemuda Indonesia. Teladan untuk terus bekerja dan tidak pantang menyerah.

Kepada anak muda di Indonesia, Aswin menitipkan pesan agar selalu berjuang dan semangat dalam membangun usaha. Terapkan lima hal dalam hidup agar mampu sukses dalam setiap hal.

“Bagi anak muda yang baru merintis usaha, percaya dirilah, rintis usahamu dengan selalu berinovasi. Prinsip saya dalam hidup ini ialah selalu memikul tanda tanya. Selalu ingin mencari tahu hal baru. Ada ilmu yang saya dapat dari teman Jerman saya yakni see, watch, observation, learn, and action,” pesan Aswin kepada para pemuda Indonesia.

Aswin juga berpesan di saat masih muda, perbanyak pengalaman dan jejaring pertemanan sebagai bekal mengarungi kehidupan.

"Kerjakan sesuatu dengan ikhlas, jangan dulu mengukur semuanya dengan materi," tukas Aswin yang telah meraih segala yang diimpikan pemuda di usia 31 tahun.

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz Wongkar