Desa Panyangkalang Takalar jadi Lokasi Talkshow Digitalisasi Desa

Desa Panyangkalang Takalar jadi Lokasi Talkshow Digitalisasi Desa
Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi

KabarIndonesia.com -- Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi akan membuka sekaligus menjadi Pembicara kunci  pada kegiatan Talk Show Desa membahas Digitalisasi Desa dalam mendorong Keterbukaan Informasi Desa, di Desa Panyangkalang Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Rabu (16/12/2020) mendatang. 

Talk Show Digitalisasi Desa ini diselenggarakan KabarMakassar.com media  Kabar Grup Indonesia Network bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar,  Desa Panyangkalang.

Rencananya, Talk Show akan diselenggarakan di Kantor Desa Panyangkalang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar pada Rabu 16 Desember tahun 2020 nantinya. 

"Kami berharap talkshow ini akan membuka informasi di desa sekaligus mengedukasi  masyarakat dan Pemerintahan Desa, bukan hanya di Takalar tapi juga di Sulsel dan Indonesia. Kita berharap ada pikiran-pikiran positif dari Desa, " kata CEO KabarMakassar. com  Fritz Vecky Wongkar di Makassar, Senin (14/12).

Selain Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia Budi Arie Setiadi, Talk Show Digitalisasi Desa juga menghadirkan sejumlah Narasumber, seperti Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan Ashari Fakhsirie Radjamilo,  Ketua Umum DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) H Sindawa Tarang, Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Publik Sulsel Khaerul Mannan,Ketua badan pekerja Anti Corruption Committe (ACC) Sulsel Kadir Wokanubun, Komite Pemantau Legislatif Kopel Indonesia Syamsuddin Alimsyah.

Selain itu,  Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, Bupati Takalar H Syamsari dan Kepala Desa Panyangkalang Ahmad Saban sebagai tuan rumah. 

Sebagai tuan rumah, Desa Panyangkalang juga akan menampilkan aktivitas digital masyarakat desa di desa tersebut. 

"Tentu kami bersyukur dan berterimakasih, karena dari sekian banyak desa, desa kami yang terpilih sebagai tuan rumah. Insya Allah kami  menampilkan potensi desa kami, khususnya soal
kesiapan kita dalam hal digitalisasi desa dalam mendorong keterbukaan informasi desa," kata Ahmad Saban Kepala Desa Panyangkalang.

Talk Show Digitalisasi Desa dalam mendorong Keterbukaan Informasi Desa rencananya dilakukan secara Hybrid. Yaitu virtual dan ofline.

"Talkshow dan kegiatan ini kami lakukan dengan protokol kesehatan. makanya Hybrid, apalagi corona virus disease atau Covid-19 masih melanda  negara kita," papar Fritz

Menurut Fritz selain talkshow juga akan dirangkaian kegiatan launching media rujukandesa. com. Media ini diharapkan menjadi sumber informasi rujukan buat masyarakat desa, di tengah maraknya informasi hoax belakangan ini.

Kegiatan ini sendiri, diharapkan mendorong aparat desa meningkatkan layanan masyarakat secara terbuka, dan bebas dari praktek korupsi. Serta tercapainya sinergitas antara seluruh pemangku kepentingan desa.

Penulis : Redaksi

Editor : Redaksi