Ini Alasan Jubir Presiden Terima Kabar Makassar Award

Ini Alasan Jubir Presiden Terima Kabar Makassar Award

KabarIndonesia.id -- Juru Bicara Presiden, Mochammad Fadjroel Rachman dianugerahi Kabar Makassar Award, pada  puncak perayaan HUT yang ke-12, Kabar Makassar, members Kabar Grup Indonesia Network di Main Hall Phinisi Point Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (29/08). 

KabarMakassar Award adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kabarmakassar. com di setiap ulang tahunnya, kepada setiap tokoh yang dinilai memberi konstribusi nyata di setiap bidang. Para peraih KabarMakassar Award dinilai oleh panel juri newsroom dan kurator terpilih yang menyeleksi tokoh-tokoh terbaik di Sulawesi Selatan dan nasional, selama setahun terakhir. Tahun ini adalah seri ke-12 award bersamaan dengan usia media Kabarmakassar. com.

Penyerahan  Kabar Makassar Award 2021 kepada Bung Jubir, sebutan Juru Bicara Kepresidenan Republik Indonesia (RI), Mochammad Fadjroel Rachman, dilakukan oleh Founder dan CEO Kabar Grup Indonesia, Upi Asmaradhana.

Bung Jubir diganjar Award, karena sosoknya yang dianggap konsisten memajukan pemerataan pembangunan kawasan di Indonesia, khususnya Kawasan Timur Indonesia.

Direktur Bisnis Kabar Grup Indonesia, Fritz V Wongkar mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada Jubir Presiden Joko Widodo tersebut atas kepeduliannya pada pemerataan pembangunan Kawasan Timur Indonesia, dengan mendorong akselerasi IKN. 

" Bung Jubir  juga Terus mengawal isu pemerataan pembangunan sesuai dengan tugas sebagai Staf Khusus Presiden. Terus menggelorakan paradigma pembangunan Presiden "Indonesiasentris" sebagai pengganti paradigma lama "Jawasentris" melalui berbagai chanel, TV, media online, webinar, IG live, club house, dll," katanya.

Ia juga dinilai, konsisten  mendorong rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan. Ikut mengkonsolidasi 5 gubernur se Kalimantan agar mengawal keputusan Presiden yang menetapkan Ibu Kota Negara di Panajam Paser Utara Kaltim.

Fajroel Rachman merasa terhormat mendapat award dari KabarMakassar. Ia mengatakan, bahwa apa yang ia kerjakan selama ini di dalam mendorong pemerataan kawasan di Indonesia, sebagaimana perjuangan Presiden Jokowi ternyata bisa direkam dengan baik oleh media. " Terima kasih atas apresiasinya. Ini akan jadi motivasi lebih untuk berbuat yang terbaik buat Indonesia, " paparnya.

Fajroel juga diberikan kesempatan memberikan orasi kebangsaan di hadapan para undangan ulang tahun KabarMakassar. 

Hadir di antaranya Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Purichta IYL, Bupati Sinjai Andi Seto Gadysta Asapah, para budayawan dan tokoh masyarakat Sulawesi Selatan.

Siapa Bung Jubir Fadjroel Rachman?

Fadjroel Rachman lahir di Banjarmasin pada 17 Januari 1964. Setelah tamat SMA kemudian dia pergi ke pulau Jawa untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil Jurusan Kimia. 

Fadjroel Rachman pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah ghanesa di ITB. Namun, siapa sangka Juru Bicara Presiden ini pernah di-dropout (DO) pada tahun 1992 dari ITB. 

Fadjroel Rachman merupakan aktivis mahasiswa tahun 1980 hingga 1998. Ia turut aktif dalam menentang pemerintahan Soeharto dan Rezim Orde Baru semasa menjadi mahasiswa Institut Teknologi Bandung. Bahkan akibat perlawannya terhadap masa pemerintahan Orde Baru, Fadjroel Rachman sempat mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan.
Berkat bantuan dari Rizal Ramli ia direkomendasikan kembali kuliah di Universitas Indonesia. Di Universitas Indonesia, Fadjroel Rachman mengambil jurusan Manajemen Keuangan di Fakultas Ekonomi. Kemudian lanjut mengambil Magister Hukum (Ekonomi) di Pasca Sarjana Fakultas Hukum dan berhasil lulus dengan predikat Cum Laude. Ia kembali mengambil gelar doktoral pada jurusan Ilmu Komunikasi (Komunikasi Politik).

Fadjroel juga pernah menjadi wartawan di beberapa media, diantaranya yaitu, TVRI, SCTV dan RCTI.

Fadjroel menjadi tim sukses Jokowi sejak pemilihan presiden 2014. Pada tahun 2015-2020, ia menjadi Komisaris Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Setelah itu, Jokowi mengangkatnya sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Komunikasi sekaligus Juru bicara Presiden pada Kabinet Indonesia Maju (2019-2024).

Penulis : Redaksi

Editor : Muh. Zultamzil