Fadjroel Rachman Kunjungi Makam Raja-raja Bone

Fadjroel Rachman Kunjungi Makam Raja-raja Bone
Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Dr M Fadjroel Rachman dan Bupati Bone, A Fahsar M Padjalangi saat berziarah ke Makam Raja-raja Bone.

KabarIndonesia.id -- Pada kunjungannya di Kabupaten Bone,  Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Dr M Fadjroel Rachman dan rombongan menyempatkan waktu untuk berziarah ke makam raja-raja Bone di Kompleks Permakaman Kalokkoe Bukaka Jln. Cempalagi Watampone, Rabu (1/9) pagi . 

Didampingi istri, Poppy Yoeska dan  Bupati Bone,  A Fahsar M Padjalangi,  Jubir  Fadjroel Rachman, mengunjungi makam  Makam Raja Bone Ke-13, La Maddaremmeng  dan Ratu Bone ke-17, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung.

Dalam ziarahnya, Bung Fadjroel dan istri tampak di hadapan makam mendoakan raja-raja Bone.

Fadjroel Rachman saat dijumpai usai ziarah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bone, yang telah menemani kunjungannya selama di Bone dan berbagi kisah terkait raja-raja Bone.

"Terima kasih kepada Pak Bupati sudah mengantarkan kami ke makam raja-raja Bone, beliau tadi sudah menceritakan sejarah dari raja-raja Bone," ungkapnya. 

Ia mengaku kagum, atas kepemimpinan We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung yang merupakan Ratu Kerajaan Bone di abad ke-17. Menurutnya emansipasi wanita sudah ada sejak lama di Kabupaten Bone.

"Saya sangat terkesima, tadi Pak Bupati menjelaskan ada raja Bone perempuan. Berarti memang apa yang disebut emansipasi wanita, dan itu sudah ada sejak abad-17 di dalam kerajaan Bone tidak terlarang bagi seorang perempuan untuk menjadi pemimpin di dalam masyarakat khususnya di masyarakat Bugis Bone," terangnya.

Lebih lanjut, Ia mengajak masyarakat yang akan berkunjung ke Kabupaten Bone untuk menjadikan makam-makam raja Bone sebagai bagian dari destinasi wisata yang akan dituju.

"Jadi kaalu mau ke Bone, sempatkan datang ke Taman Makam Raja-raja Bone, karena dari cara-cara itu kita belajar sejarah terutama belajar tentang bagimana peran pemimpin perempuan di dalam kerajaan Bone," pungkasnya.

Diketahui, Dalam rangka program “Menyapa Indonesia”  Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Dr M Fadjroel Rachman mengunjungi beberapa wilayah di Sulsel diantaranya Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, dan Pinrang.

Penulis : Zultamzil

Editor : Muh. Zultamzil