Telan Anggaran Rp771,7 Miliar, Jokowi Resmikan Bendungan Passeloreng

Telan Anggaran Rp771,7 Miliar, Jokowi Resmikan Bendungan Passeloreng
Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) Foto: IST

KabarIndonesia.id -- Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis (9/9).

Bendungan yang masuk dalam Proyek strategis nasional (PSN) ini resmi beroperasi, dengan ditandatanganinya prasasti oleh RI 1. 

"Alhamdulillah Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan," ungkapnya.

Bendungan ini dilengkapi dengan bendung irigasi yaitu Bendung Gilireng yang dapat mendukung, memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan.

"Kita tahu bahwa ketahanan pangan itu butuh suplai air dan air itu akan ada kalau kita memiliki sebanyak-banyaknya bendungan. Sehingga bisa menyediakan suplai air secara kontinyu dan berkelanjutan," tambah Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berharap dengan hadirnya bendungan yang menelan anggaran Rp771,7 miliar ini, dapat meningkatkan frekuensi tanam para petani di Wajo.

"Kita harapkan dengan suplai air yang ada akan meningkatkan frekuensi tanam yang mungkin satu bisa jadi dua atau tiga. Sehingga meningkatkan produktivitas lahan serta akhirnya bisa kita harapkan meningkatkan kesejahteraan petani," harapnya.

Diketahui, Bendungan Paselloreng dibangun sejak tahun 2015 dan rampung 2020 dengan anggaran Rp771,7 miliar. Sementara Bendung Gilireng dibangun 2018, rampung 2021 dengan anggaran sebesar Rp200 miliar.

Bendungan Paselloreng memiliki kapasitas tampung 138 juta meter kubik, dengan luas genangan 1.258 hektare. Bendungan ini mampu mengairi 8.500 hektare lahan pertanian, serta menampung air baku 145 liter per detik, juga mampu mereduksi bajir 389 meter per detiknya.

Penulis : Ardiyanti

Editor : Muh. Zultamzil