Normalisasi Saluran Air di Gang Udang Cempaka Baru Capai 73,91 Persen

Normalisasi Saluran Air di Gang Udang Cempaka Baru Capai 73,91 Persen
Menghadapi musim penghujan, petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA)

KabarIndonesia.id -- Menghadapi musim penghujan, petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat gencar melakukan upaya penanggulangan genangan maupun banjir. Salah satunya seperti menormalisasi saluran air di Gang Udang, RT 01/08 Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran.

Staf Pengawas Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Pusat, Yusuf Sumardani mengatakan, normalisasi saluran air di Gang Udang dilakukan dengan memasang u-ditch yang dikerjakan sejak bulan Juni 2021 dan ditargetkan akan rampung pada akhir Oktober 2021. Normalisasi saluran air ini merupakan usulan dan hasil Musrenbang warga lantaran kawasan tersebut kerap tergenang saat hujan deras.

"Dari target sepanjang 694 meter, saat ini pengerjannya sudah mencapai 513 meter atau mencapai 73,91 persen. Kami mengerahkan 14 personel dan pemasangan u-ditch dilakukan secara manual," ujar Yusuf, Kamis (23/9).

Dikatakan Yusuf, pengerjaan dilakukan dengan penggalian saluran selebar 70 sentimeter dengan ketinggian 55 sentimeter. Sedangkan lumpur yang berhasil diangkut setiap harinya mencapai lima meter kubik. Setelahnya baru dilakukan pemasangan u-ditch berukuran 40x40x120 sentimeter.

"Setelah dipasangi u-ditch selanjutnya saluran ditutup agar lebih rapi," tambahnya.

Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Cempaka Baru, Yuli Kusdianto mengatakan, normalisasi merupakan tindak lanjut dari usulan yang disampaikan dalam Musrenbang dan baru terealisasi tahun ini.

"Allhamdulilah akhirnya normalisasi ini dapat dikerjakan, karena lokasi gang ini sangat rendah dan saat hujan sering banjir sehingga banyak warga yang mengeluh. Tapi dengan adanya normalisasi yang sudah setengah pengerjaan ini sudah terlihat dampaknya, saat hujan kemarin yang terus-menerus tidak ada lagi genangan di sini," tandasnya.

Penulis : Redaksi

Editor : Redaksi