Setelah Pesta Gol Dari Nepal, Timnas Akhirnya Lolos ke Piala Asia 2023

Setelah Pesta Gol Dari Nepal, Timnas Akhirnya Lolos ke Piala Asia 2023
Tujuh gol tanpa balas menjadi hasil akhir laga kontra Nepal. (Dok: IG @PSSI)

KabarIndonesia.id -- Setelah seluruh tim melakoni tiga pertandingan termasuk Timnas Indonesia, ditemukan 11 tim yang lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur babak ketiga Kualifikasi.

Sebanyak 11 tim itu didapat dari enam juara grup dan lima runner-up terbaik. Tim-tim yang finis sebagai juara grup adalah Yordania yang finis teratas di Grup A, Palestina (Grup B), Uzbekistan(C), India (D), Bahrain (E) dan Tajikistan (F).

Kemudian, berhubung dari enam runner-up cuma diambil lima, itu berarti ada satu runner-up yang gagal lolos ke Piala Asia 2023. Runner-up yang dimaksud adalah Filipina, setelah hanya mengoleksi empat angka di Grup B.

Di urutan klasemen akhir runner-up terbaik, Filipina menempati urutan buncit atau nomor enam. Lantas, siapa saja yang lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur runner-up terbaik.

Sebelumnya Indonesia  mendekam di urutan buncit runner-up terbaik kelarmatchday kedua, Timnas Indonesia langsung melonjak ke urutan kedua kelar pertandingan pamungkas. Kemenangan 7-0 atas Nepal meroketkan posisi Timnas Indonesia.

Berikut klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023:

1. Kirgizstan (7 Poin, selisih gol +3)

2. Indonesia (6 Poin, selisih gol +7)

3. Malaysia (6 Poin, selisih gol +4)

4. Thailand (6 Poin, selisih gol +3)

5. Hong Kong (6 Poin, selisih gol 0)

6. Filipina (4 Poin, selisih gol -3)

Penulis : Redaksi

Editor : Muh. Zultamzil