Gubernur NA di Luar Negeri, DPRD Sulsel Setujui Hak Angket

Politik - Terbit 25 06 2019 - 08:00 Gubernur NA di Luar Negeri, DPRD Sulsel Setujui Hak Angket
Sidang angket legislator

Kabarindonesia.id--Hak angket untuk pasangan terhadap pemerintahan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman disetujui 60 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) provinsi Sulsel dari 64 anggota dewan yang hadir. Hal tersebut disetujui dalam rapat paripurna di gedung DPRD Provinsi Sulsel, jalan Urip Sumoharjo Makassar, hari ini, Selasa (25/6/2019). Kemarin.

Dari 85 kursi legisator yang ada di DPRD Sulsel, 64 anggota dewan yang hadir dan empat lainnya menolak hak angket tersebut. 

Untuk diketahui jika hak angket untuk pasangan Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman terkait dengan soal realisasi APBD Provinsi Sulsel Tahun 2018-2023, dan soal terbitnya SK wakil gubernur dan pelantikan 193 pejabat di lingkup Pemprov di era Nurdin Abdullah yang baru memimpin Sulsel sekitar 10 bulan.

Ketua DPRD Sulsel, H.M Roem meminta semua anggota dewan berdiri bagi yang menyetujui hak angket, saat itu ada 60 anggota dewan yang berdiri sehingga mantan Bupati Sinjai tersebut mengambil keputusan dan setuju atas hak angket.

"Ya..hak angket terpenuhi, kita ambil kesimpulan jika rapat paripurna kita setujui hak angket ini," ujar H.M Roem, Senin (24/6).

H.M Roem juga meminta agar segera dibuatkan pansus hak angket yang bekerja dua bulan lebih, dan segera mungkin untuk melakukan pemeriksaan terhadap pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman, selain itu panitia angket juga diminta untuk bersurat ke Gubernur untuk di pelajari.

Sementara itu adapula syarat pengajuan usul hak angket, hak ini dapat berlanjut jika rapat paripurna dihadiri 3/4 anggota DPRD Sulsel yang berjumlah 85 orang. Dan disetujui oleh minimal 2/3 anggota DPRD yang hadir. 

Dikabarkan jika Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah tak berada di Makassar saat hak angket di setujui, Gubernur sedang berada di Bangkok mendapingi Presiden RI, Joko Widodo diacara KTT ASEAN di Bangkok Thailand. 

Penulis : Agi Aksara

Editor : Redaksi

Terbaru Lainnya
TOPIK TERHANGAT
Terpopuler